Cake Pisang

Cake ini jenis cake pembuatannya simpel dan dikenal anti gagal. Itulah kenapa waktu mencoba oven listrik baru, saya pilih resep ini. Tadinya mau pakai resep pound cake polos saja, tapi lihat ada pisang di rumah yang sudah matang sekali, sayang kalau tidak dicobakan ke resepnya. Walaupun resep hasil utak atik, tapi hasilnya tak mengecewakan.

Bahan :

150 gram margarin
150 gram gula pasir
3 butir telur
150 gram tepung terigu
sepucuk sendok teh baking powder
1 buah pisang matang sekali, haluskan. 

Cara membuat :
    1. Siapkan loyang, oles margarin. ( Saya pakai loyang tulban ukuran diameter 18 cm. )
    2. Aduk tepung bersama dan baking powder, sisihkan.
    3. Kocok margarin hingga lembut.
    4. Masukkan gula bertahap sambil terus dikocok hingga berwarna pucat. Sesekali keruk bagian pinggir mangkuk agar semua bahan terkocok rata.
    5. Masukkan telur satu per satu bergantian dengan satu sendok terigu, sambil dikocok hingga rata.
    6. Masukkan sisa tepung terigu secara bertahap, aduk rata.
    7. Tuang ke dalam loyang, panggang hingga matang.

    Cake Pisang

    Cake Pisang

    Sejak mengocok adonan, oven sudah mulai saya panaskan. Setelah adonannya siap, langsung saya masukkan di rak tengah. Suhu saya set pada api bawah sekitar 170 derajat selama 35 menit. Karena ini pertama kali menggunakan oven listrik dan belum ada pengalaman sama sekali, beberapa kali saya lihat cake nya agar tidak gosong. Setelah pinggirnya kecoklatan, panas bawah saya matikan dan saya lanjutkan memanggang dengan panas atas 170 derajat selama beberapa menit.

    Cake Pisang

    Untuk percobaan pertama ini lumayan lah. Tidak terlalu mengecewakan, walaupun bagian atasnya terlalu eksotis alias hampir gosong.

    1 comment:

    1. Favorit saya nih. Suka aroma pisangnya. Apalagi saat masih hangat

      ReplyDelete

    Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸